Jumat, 15 November 2019

Biro Administrasi Perekonomian Pemerintah Provinsi Jawa Timur

Pertama, Kapal Internasional Sandar di Pelabuhan Probolinggo

Senin, 10 April 2017 | PT Petrogas Jatim Utama

Hari Rabu tanggal 4 April 2017 menjadi hari bersejarah bagi Terminal Baru Pelabuhan Probolinggo. Tepat pukul 10.00 WIB sebuah kapal berbendera internasional untuk kali pertama bersandar di Dermaga 2 Terminal Baru pelabuhan milik Pemprov Jatim yang dikelola BUMD PT Petrogas Jatim Utama.

Kapal MV Vast Ocean 1 tersebut sandar di Dermaga 2 Terminal dengan dibantu oleh Kapal Tunda KJ03. Kapal tugboat ini difasilitasi oleh Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT Delta Artha Bahana Nusantara (DABN), anak usaha Petrogas. Kapal yang diageni oleh PT Penascop Maritim Indonesia ini bongkar muatannya dilakukan oleh PT Bongkar Express Surabaya.

DABN adalah operator pelabuhan di Terminal Baru Pelabuhan Probolinggo. Selain kapal tunda KJ03, juga akan didatangkan satu kapal tunda lagi, yang saat ini sedang melakukan docking di Tanjung Perak, Surabaya. Dermaga 2 memiliki kedalaman -10 sampai -11 meter.

Kapal MV Vast Ocean 1 merupakan kapal dengan GT (Gross Tonage) sebesar 7.657 Ton yang didatangkan oleh PT Cheil Jedang Indonesia (CJI) dengan muatan tapioka dengan total muatan sebesar 6.500,8 MetricTon (MT) yang dikemas dalam 7.548 Karung dengan isi karung masing-masing 850 kilogram.

Kapal berbendera Panama dengan panjang LOA 114 meter ini berasal dari Bangkok-Thailand. Direncanakan kapal akan sandar di Pelabuhan Probolinggo untuk melakukan bongkar muatan selama 7 hari. Diperkirakan akan selesai pada Selasa (11/4), satu hari lebih lama dari yang direncanakan karena alasan cuaca.

Bagian Procurement dari PT CJI Mr Lee Ki Cheon menyaksikan penyandaran perdana kapal dari Thailand ini di Terminal Baru Pelabuhan Probolinggo. Juga hadir Dirut PT DABN Bapak Ahmad Umar Lubis, Kadiv Pengembangan Usaha PT DABN Bapak Heskiel Sasiang, perwakilan Petrogas Group Bapak Tomo Budiharsojo.

Juga ada Kabid Perhubungan Laut Dishub Pemprov Jatim Bapak Nyono, Presdir PT Gajah Laut Logistik Capt Anang Prayogo selaku penyedia kapal tunda, perwakilan KSOP Kelas IV Probolinggo Bapak Andono, serta Kacab PT DABN Probolinggo Bapak Soepardi MT.

Diharapkan dengan memanfaatkan pelabuhan di Probolinggo tersebut, supply bahan baku untuk kebutuhan PT CJI dapat menjadi lebih efektif dan efisien. Dari jadwal yang diperoleh dari pihak PT CJI, kapal seperti Vast Ocean 1 ini akan datang tiga kali dalam sebulan.

PT Cheil Jedang adalah perusahaan asal Korea Selatan yang menjadi produsen terbesar dunia produk Lysine, MSG dan L-Threonine. Selain di Pasuruan, pabrik PT CJI juga ada di Jombang. (agn)

Sumber